Teknik dan Jenis Jenis Pengelasan

PENGELASAN


Pengelasan adalah teknik yang sudah familiar dizaman sekarang untuk proses penyambungan logam. Pengelasan sendiri sejarahnya mulai dikenal di awal abad 20-an. Waktu itu pengelasan menggunakan api yang berasal dari pembakaran gas acetylena. Teknik las ini lah yang kemudian disebut teknik Las Karbit. 

Teknik Las Karbit masih digunakan oleh sebagian orang walaupun sekarang lebih banyak menggunakan Las Listri karena lebih efisien dan tidak menimbulkan polusi berlebih. Teknik pengelasan menggunakan listrik dimulai pada Perang Dunia II, karena lebih efisien maka tidak heran Amerika Serikat bisa membuat sejumlah kapal sekelas liberty dalam waktu singkat, yang merupakan kapal pertama yang diluncurkan hasil dari teknologi Las.


1. Last Karbit
Las Karbit adalah proses penyambungan logam dengan logam menggunakan gas karbit / Asetilin sebagai bahan bakar. Proses nya adalah mebakar bahanbakar yang telah dibakar O2 sehingga menimbulkan percik api dengan suhu tertentu yang mempu melelehkan logam sehingga akan mudah untuk disambungkan dengan sedikit tekanan. Ini adalah teknik las konvensional.
2. Las Listrik
 Teknik las listrik adalah teknik pengelasan yang banyak digunakan saat ini. Prosesnya adalah suhu panas diperole dari perbedaan tegangan antara ujung tangkai las dengan benda yang akan di las. Semakin didekatkan akan memunculkan percika bunga api yang ketika berjatuhan menjadi kumpulan cairan logam sehingga akan mudah untuk disambungkan dan lebih rapi. Salah satu bengkel yang memakai Las Listrik ini adalah Bengkel Las Listrik Mekar Jaya. Bengkel Las Listrik ini beralamat di kota tasikmalaya. Jika anda memerlukan jasa pengelasan untuk berbagai keperluan baik pembuatan pagar, teralis, folding gate, kanopi, balkon dan lain - lain bisa menghubungi kami disini.

3.Las Gesekan
Las gesekan merupakan teknik pengelasan yang tidak umum, hanya dipakai industri industri besar. teknik las ini adalah dengan teknik gesekan dengan kecepatan tinggi sehingga menghasilkan suhu panas yang mempu melelehkan kedua logam yang digesekan. Teknik ini banyak dipakai di industri otomotif sperti pembuatan As dll.
4.Las Eksplosi
Las untuk memasang lapisan anti karat pada logam dengan teknik sebagai berikut :
a. Las Laser
Las ini digunakan untuk mengelas komponen yang sensitif terhadap panas misalnya alat pacu jantung
b. Las Sinar Elektron
Las ini menggunkan sinar elektron untuk meleburkan logam sampai titik leburnya. Las ini juga digunakan dalam pembuatan mesin jet pesawat terbang.


Itulah teknik - teknikpengelasan yang umum dilakukan saat ini. Apabila anda memerlukan jasa pengelasan untuk pembuatan barang barang perumahan seperti teralis, pagar, pintu, balkon, folding gate dll bisa menghubungi Bengkel Las Mekar Jaya Tasikmalaya, yang beralamat di Jl Situ gede Depan Pasar HPKP Cikurubuk Tasikmalaya. Telepon 0822 1819 6929 Siap Antar Jemput Wilayah Kota Tasikmalaya, Kab Tasikmalaya dan Ciamis.


Bengkel Las di daerah Kota Tasikmalaya - Secara Offline Bengkel Las kami Beralamat di Jalan Situ Gede Depan Pasar Cikurubuk, dengan Jangkauan Layanan Jasa Las Listrik Meliputi : Kota Tasikmalaya:Indihiang, Parhon, Cihideung, Cieunteung,Cipedes, Kawalu,Purbaratu,Tawang,Dadaha, BKR,Unsil dan sekitarnya, Kab Tasikmalaya : Sukaraja, Urug, Cipatujah, Sodong, Puspahiang, Singaparna, Taraju, Warung Peteuy, Cikalong Kab Ciamis : Sukamantri, Panjalu, Cihaurbeuti, Panumbangan, Cikoneng, Sindangkasih, Ciamis Kota, Buni Nagara, Alun alun Ciamis dan sekitarnya.Hubungi kami di nomor HP 0822-1819-6929, 0878-2652-1844 untuk permintaan survey lokasi pembuatan GRATISSS tanpa dipungut biaya. Bisa pesan sesuai model yang diinginkan.

BENGKEL LAS LISTRIK MEKAR JAYA 

Beralamat di Jalan Situ Gede Depan Pasar Cikurubuk, dengan Jangkauan Layanan Jasa Las Listrik Meliputi : Kota Tasikmalaya : Indihiang, Parhon, Cihideung, Cieunteung,Cipedes, Kawalu,Purbaratu,Tawang,Dadaha, BKR, Unsil dan sekitarnya, Kab Tasikmalaya : Sukaraja, Urug, Cipatujah, Sodong, Puspahiang, Singaparna, Taraju, Warung Peteuy, Cikalong Kab Ciamis : Sukamantri, Panjalu, Cihaurbeuti, Panumbangan, Cikoneng, Sindangkasih, Ciamis Kota, Buni Nagara, Alun alun Ciamis dan sekitarnya.


Comments


EmoticonEmoticon